• (0271)-634634
  • rsmoewardi@jatengprov.go.id
  • Tidak diketahui
  • 2013-11-06
  • lombok

PELATIHAN KEPERAWATAN MEDICAL RSUD DR. MOEWARDI


PELATIHAN KEPERAWATAN MEDICAL

RSUD DR. MOEWARDI

RSUD Dr. Moewardi (RSDM) dengan visi "Menjadi Rumah Sakit Terkemuka Berkelas Dunia" saat ini giat berupaya mewujudkan visi tersebut. Joint Comission International Acreditation (JCIA) adalah salah satu upaya nyata rumah sakit dalam mewujudkan visi untuk menjadi rumah sakit dengan kualitas dan standar berkelas Dunia. Peningkatan Sumber Daya Manusia merupakan amanat JCIA dalam parameter SQE (Staf Qualification and Education) dimana dalam parameter tersebut terdapat standart yang mewajibkan bahwa seluruh staf harus memiliki kompetensi dalam melaksanakan tugas (sesuai uraian tugas yang telah disusun).

Perawat dengan jumlah sekitar 805 staf menempati urutan tertinggi dari jumlah sumber daya manusia di RSDM. Dari 805 perawat telah dikelompokkan dalam enam besar seminat ( Satuan Perawat Fungsional) yaitu Medikal, Bedah, Anak, Maternitas, Anak dan Kritis. Setiap SPF dipimpin oleh seorang ketua yang bertanggung jawab langsung kepada ketua komite keperawatan. Sekitar 230 perawat tergabung dalam Satuan Perawat Fungsional (SPF) Medical/penyakit dalam. Saat ini perawat yang kompeten merupakan tuntutan mutlak yang harus dipenuhi oleh rumah sakit guna mewujudkan pelayanan yang berkualitas. Dalam rangka memfasilitasi peningkatan kualitas perawat maka komite keperawatan bekerja sama dengan bidang diklit mengadakan Pelatihan Kompetensi Dasar Keperawatan untuk keenam seminat. SPF Medical sendiri sampai saat ini telah empat kali melaksanakan pelatihan selama kurun waktu 5 bulan (April-Agustus 2013 ) dengan jumlah peserta 40-50 peserta setiap kali pelatihan selama 5 hari dengan jumlah 50 jam pelajaran meliputi materi teori dan praktek.

Seluruh materi yang disampaikan merupakan bentuk aplikasi dari parameter akreditasi baik dari KARS maupun JCIA dan disesuaikan dengan kompetensi jenjang karir perawat yang dibakukan di rumah sakit.

Pelatihan ini sebagai langkah awal pembekalan bagi seluruh perawat yang tergabung dalam Satuan Perawat Fungsional memiliki tujuan yaitu :

Umum

Menyelenggarakan pelatihan perawatan dasar bagi perawat Satuan Perawat Fungsional (SPF) Medical secara profesional dengan mengedepankan aspek legalitas dan nilai jual dalam rangka menciptakan lulusan pelatihan yang kompeten.

Khusus :

1. Menganalisa kebutuhan pelayanan perawatan kasus Medical

2. Mempraktekkan keterampilan dalam pemeriksaan fisik head to toe dan psikologis pasien berfokus pada kasus medical

3. Melakukan pemahaman tentang Nutrisi pasien dengan kasus medical / diit khusus

4. Mempraktekkan penatalaksanaan terapi oksigen pada kasus- kasus medical

5. Mempraktekkan penatalaksanaan terapi cairan pada kasus- kasus pasien medical

6. Mempraktekkan penanganan pada kasus pasien DM dan kasus Endokrin Lain

7. Mempraktekkan penanganan pada pasien Stroke dan gangguan Neurologis lain

8. Mempraktekkan penanganan pada pasien CKD dan kasus Nefrologi lain

9. Mempraktekkan penanganan pada pasien dengan kasus Kardiologi

10. Mempraktekkan penanganan pada pasien dengan kasus Pulmonologi

11. Mempraktekkan penanganan pada pasien dengan kasus saluran pencernaan

12. Mempraktekkan penanganan pasien psikotik akut dan kasus kejiwaan lain

Pelatihan dilaksanakan di ruang Diklit dengan target kehadiran 100% dan target kelulusan 100%. Dan hasil akhir dapat memenuhi Nilai Batas Lulus (NBL) minimal 75 dan dinyatakan lulus.

Pelatihan SPF Medical ini diharapkan 100 % anggota SPF mengikuti dan bersertifikasi dari bidang diklit. Demikian sekedar sharing untuk teman sejawat perawat semoga dengan pelatihan ini diharapkan pelayanan khususnya keperawatan lebih berkualitas dengan "zero complain" dapat diwujudkan.

SPF MEDICAL.....MAJU TERUS .... SUKSES BERSAMA... HIDUP PERAWAT!!!

Ka SPF Medikal

Tinggalkan Komentar