• (0271)-634634
  • rsmoewardi@jatengprov.go.id
  • Oleh 15
  • 2020-10-15

WORKSHOP SKRINING GIZI DAN REFRESH DIET BAGI PERAWAT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN GIZI SESUAI STAN


Pelayanan  kesehatan Rumah Sakit bertujuan memberikan pelayanan kesehatan agar mempercepat penyembuhan penyakit pasien. Pelayanan kesehatan terhadap pasien rawat inap harus terintegrasi oleh berbagai profesi yang terlibat dalam penanganan pasien. Pelayanan gizi merupakan salah satu pelayanan yang diberikan pada pasien rawat inap.  Pelayanan gizi klinik pada pasien rawat inap adalah pelayanan gizi pasien dengan menekankan pelayanan kuratif dengan melibatkan berbagai profesi yaitu profesi medic, profesi keperawatan dan profesi gizi. Ada 3 jenis asuhan (care) yaitu: Asuhan Medik (Medical Care), Asuhan Keperawatan (Nursing Care) dan Asuhan Gizi (Nutritional Care). Ketiga jenis asuhan tersebut mempunyai peran masing-masing tetapi saling terkait.

Pelayanan makan untuk pasien diberikan untuk memenuhi kebutuhan gizi selama perawatan. Pemesanan makanan oleh perawat atau  administrasi ruangan berdasarkan diet yang telah ditentukan dokter dilakukan secara komputerisasi dan manual. Frekuensi Pemesanan makanan dilakukan berdasarkan waktu pelayanan makan sehari 3 kali yaitu makan pagi, makan siang dan makan sore.

Skrining gizi merupakan kegiatan untuk menentukan pasien beresiko mengalami masalah gizi atau sudah terjadi masalah gizi. Skrining gizi dilakukan pada pasien baru oleh tenaga perawat. Skrining yang tepat akan menentukan  pelayanan gizi dan terapi medik selanjutnya. Dalam kegiatan skrining gizi diantaranya harus dilakukan pengukuran antropometri pasien. Oleh karena itu perawat harus mampu memahami dengan benar untuk kegiatan skrining gizi dan pengukuran antropometri. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan sosialisasi skrining sebelumnya masih ditemukan pengisian skrining belum benar, dan belum sepenuhnya  dilakukan pengisian skrining pada pasien baru sesuai waktu 1 kali 24 jam.

Skrining gizi yang tepat sebagai dasar untuk melakukan pengkajian gizi lebih lanjut yang merupakan bagian dari kegiatan asuhan gizi rawat inap. Kegiatan Asuhan Gizi adalah berupaya memenuhi kebutuhan gizi pasien rawat inap yang dilakukan dengan penyediaan makanan yang aman. Pelayanan gizi rawat inap merupakan pelayanan gizi yang dimulai dari proses pengkajian gizi, diagnose gizi, intervensi gizi yang meliputi perencanaan, penyediaan makanan, penyuluhan/ edukasi, dan konseling gizi serta monitoring dan evaluasi.

Tinggalkan Komentar